Ayam Goreng Fatmawati, Pontianak

16 May

Ayam Goreng Fatmawati
Jl. Tamar No. 1
Pontianak – Kalimantan Barat

Yeeeeeeee… katanya mau cerita kuliner di Ponti, kok yg ditulis bukan makanan khas Ponti? Iya kebetulan tadi siang abis makan siang di sini, jadi mumpung masih seger dalam ingetan, mending gw tulis aja deh daripada keburu lupa πŸ˜†

Restoran Ayam Goreng Fatmawati (AGF) ini setau gw restoran franchise dan belum lama juga sih buka di Ponti, kira2 baru 2 tahun gitu deh. Secara dari lahir tinggal di Jawa, maka lidah lebih cepet akrab sama masakan pulau Jawa macem ayam goreng, sayur asem dkk. Menu2 itulah yang jadi andalan di resto AGF ini. Lokasinya sendiri lumayan jauh dari rumah, tapi secara di Ponti kemana2 lancar jadi ya ga begitu kerasa deh jauhnya. Bangunannya sendiri menempati bekas rumah tinggal yang direnov. Ada lesehan, ada juga meja + kursi, semuanya non AC karena jendela2nya besar dan yg lesehan malah ga ada jendelanya πŸ˜€

Seperti restoran2 khas Sunda, AGF ini menunya ngga jauh2 kayak Warung Nasi Ampera gitu. Yang kami demen dari AGF ini adalah free wi-fi yang kenceng dan ngga banyak yg maen internet di sini. Kayaknya tiap kali makan di sini, yg nyedot wi-finya ya gw ama Bryan hahaha…. *dasarfakirwi-fi*

Tadi siang kami pesen:

  • Sop Buntut Goreng – 23K
  • Nasi Putih – 3K
  • Bakwan Jagung 2 biji – @ 3K
  • Paket Timbel – 21K
  • Teh Tawar Hangat – 2K

Total kerusakan: 55K

Sop Buntut Goreng

Sop Buntut Gorengnya hadir dalam 3 potongan buntut yg digoreng dalam balutan telur. Pertamanya gw bingung, hah kok buntutnya digoreng pake telur.Β  Ngeliat tampilannya, kayaknya sih tu buntut dicelup ke dalam telur trus digoreng. Rada aneh juga ya, baru kali ini nemu buntut goreng yg kayak gitu. Biasanya kan digoreng tepung. Kuah sopnya berisi wortel, tomat, seledri, daun bawang, daun bawang, daun bawang daaaan daun bawang. Banyak aja daun bawangnya! Rasanya sih not bad lah secara ga banyak juga restoran yg nyediain menu sop buntut di sini. Cuma kuahnya kurang panas waktu disajikan tadi.

Paket Timbel + Bakwan Jagung

Paket Timbel isinya nasi dibungkus daun pisang + ayam goreng/bakar (tadi Bryan pesen yg goreng) + tahu + tempe + sayur asem + teh botol. Mayan bikin kenyang juga tu kombinasi, apalagi tadi nambah bakwan jagung. Kalo menurut gw, bakwan jagungnya masih enakan bikinan gw mrgreenΒ  Ayam gorengnya bumbu lengkuas, terasa bumbunya dan empuk. Tahu + tempe goreng, hadir sebagai pelengkap dengan potongan yang layak alias bukan seikhlasnya sang koki πŸ˜›

Overall, resto AGF ini bolehlah dikunjungi lebih dari 1x. Kami sering kok makan siang & berlama2 nongkrong di sini tapi ga pernah diusir sama pelayannya hahahaha… Selain ngga terlalu ramai, toiletnya juga bersih. Ini penting karena katanya kalo mau tau restoran itu bersih apa ngga, liat aja toiletnya 😎

Advertisements

5 Responses to “Ayam Goreng Fatmawati, Pontianak”

  1. bryanirene July 6, 2011 at 5:35 am #

    dan parkiran luas…

    dan kadang saking sering makan disitu ga bayar parkir haha!

    dan satu lagi, pernah tiduran di lesehan sampe bener2 tidur dari sore smp lepas maghrib. pulas! gak diusir. malah pas bangun2 ada obat nyamuk bakar aja gituuh..hihih

    • bryanirene July 11, 2011 at 12:46 pm #

      laaaahh aku baru tau kamu pernah ketiduran di situ
      tengsin yeee mau cerita :))

    • Olivia Kristina April 16, 2012 at 10:48 am #

      haha baik amat waiternya….untung ga sekalian disiapin bantal gulingnya…Tapi makanan situ emang enak kok..salut..

  2. Ahmad Jukardi April 16, 2012 at 10:42 am #

    Emang mantap makan disitu…palagi ayam goreng Kremesnya..TOP MARKOTOP………….wajib dikunjunguin deh, gua kasih nilai 9 dari 10…Mantap,….

  3. Helen Sari April 16, 2012 at 10:45 am #

    Iya…gua juga sering ke situ, harganya ga mahal dan makanannya enak , suasananya juga cozy gt.saya rasa wajib dikunjungin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: