Belajar Jadi Bakul Kue

4 Aug

Bulan lalu salah satu instansi pemerintah yg sering berhubungan sama kantor kami mau ngadain acara gerak jalan. Seperti biasa namanya bikin acara tapi budget pas2an pastinya minta donasi lah. Secara tiap hari kami berhubungan sama instansi pemerintah ini, mau ngga mau kudu ngasi donasi. Waktu gw tau acaranya gerak jalan di hari Minggu, gw langsung mikir pasti mereka bikin stand untuk makanan & minuman dong. Namanya orang abis gerak jalan pasti haus & lapar. Trus gw bilang sama Bryan, kira2 bisa ngga gw dapet satu stand buat jualan cupcake. Ceritanya kan emang mau jadi bakul kue rumahan dan gw pikir ini salah satu cara untuk memulainya, buka stand & bagi2 kartu nama. Ngobrol punya ngobrol, akhirnya dikasi satu stand gabung sama salah satu staf kantor itu yg jualan minuman. Biayanya free, ya iyalah orang gw udah ikutan nyumbang buat acara itu.


Setelah dapat kepastian soal stand, gw mulai puyeng mau jualan apa ya??? Hahahaha….bingung mau bikin apa dan berapa macam. Sempet uji coba beberapa resep sampai akhirnya gw memutuskan untuk bikin Brownies Kukus potong dan 3 macam cupcake, chocolate, cheese & green tea. Kebetulan waktu ke Jakarta gw beli cupcake tier di Titan dan memang berguna banget buat display kue khususnya cupcake.

Sabtu malam gw udah mulai nyicil bikin cupcake. Mana gw kan pake otang dan loyang cupcake gw cuma muat yg 6 biji. Alhasil sekali manggang cuma bisa dapet 6. Satu jenis cupcake gw bikin 1 lusin aja jadi total semua ada 36 cupcake yg dipanggang dalam 6 batch. Jadi kelar bikin 1 resep, gw langsung bikin resep berikutnya sementara adonan ngantri untuk masuk ke dalam oven. Begitu semuanya udah selesai sauna di oven, gw langsung bikin buttercream dan simpen di kulkas. Terakhir yg gw bikin adalah brownies kukus. Gw bikin 2 loyang ukuran 30 x 10 cm dan dipotong2. Sempet juga bikin hiasan daun dari fondant untuk green tea cupcakenya.

Nasib ngga punya asisten & oven kecil ya mabok deh di dapur :lol:, gw baru selesai jam 4 pagi sementara acaranya jam 6 pagi wkwkwkwk… Alhasil cuma tidur 1 jam trus langsung berangkat ke TKP. Sampe di TKP gw langsung nyusun cupcake tier & piring2, keluarin cupcake & semprot buttercream. Cupcakenya memang ngga dihias dari rumah karena gw takut rusak di perjalanan. Untungnya keburu menghias 36 cupcake on the spot. Hiasannya sih cuma diswirl aja pake Wilton 1M trus dikasi choco balls/keju parut/fondant.

Saatnya jualan….pas peserta udah balik dari rute gerak jalan, mereka mulai deh keliling2 stand. Namanya jualan ya, ada aja emang cobaannya. Pertama penyanyi dangdut yg jadi pengisi acara dateng ke stand gw waktu acara belum dimulai. Dia nanya harga brownies berapa, gw bilang 3rb mbak. Abis itu dia nanya harga cupcake berapa, gw jawab 10rb. Eh mukanya kaget gitu. Temennya yg di sebelah dia (om2 gitu) bilang ya udah ambil aja, sambil ngeluarin duit 50rb. Tau2nya si penyanyi dangdut ini ngambil brownies kukus dan kasi gw duit seribuan yg pas gw terima ternyata cuma 2rb. Gw bilang, mbak uangnya kurang. Daaann si penyanyi dangdut itu keburu ngacir. Gw pikir ya udahlah cuma seribu doang, taunya ada temennya dia yg lagi berdiri juga di depan stand gw, ngasi duit 5rb maksudnya buat bayarin kekurangan si penyanyi dangdut. Ya udah gw terima aja tu duit sambil ngembaliin duit si penyanyi. Benernya sih ya udinlah gw ikhlasin tu seribu, lucu aja si om itu udah mau bayarin cupcakenya, tapi si penyanyi kayak ga rela gitu bayar 10rb buat cupcake.

Puji Tuhan browniesnya laku semua dan cupcake sisa beberapa tapi itupun gw udah balik modal kok. Sempet bingung apa gw jual cupcake kemahalan? Gw tanya sama temen gw yg di Jakarta, dia bilang di Jakarta rata2 di atas 10rb. Berarti harga gw ga mahal dong, mengingat harga bahan2nya malah lebih mahal daripada di Jakarta. Mungkin di sini orang belum akrab sama cupcake, tapi gw pantang menyerah. Besok2 bakalan nyoba lagi untuk jualan cupcake atau kue2 lain yg mungkin udah akrab di lidah orang sini. Ciayoooo….

2 Responses to “Belajar Jadi Bakul Kue”

  1. jennyjule August 22, 2011 at 11:44 am #

    Wah si miss dangdut nya nyebelin banget sih haha. Kl menurut gue jualan di daerah suka begitu jol. Harganya suka ga mecing. Tapi kalo yang namanya makanan biasa awalannya susah, nanti kl sudah pada kena, tau beda enaknya, pada balik, nah banyak pelanggan tetap deh. Soalnya gw liat dipekan baru kayak begitu sih.

    Kayak tetangga gw di pku, dia jualan kue kering kl mau hari raya aja. dan muahall nya ampun deh, gw dr jkt aja kaget. Cm dia biasanya sebulan sblm hari rayanya udah tutup order krn udah ga kepegang saking byk yang order. Gue hampir ga percaya kl ga krn gw pas disana ngeliat sendiri dia nolak orderan. Secara didaerah siapa yang mau beli harga segitu.

    • bryanirene September 8, 2011 at 10:28 am #

      emberan jen, padahal dah mau dibayarin ama si om lho….

      di sini juga ada jen yg jual cupcakes harganya bisa 3x lipat dari harga gw dan banyak yg cocok. tapi klo perkara makanan, menurut gw tiap orang sih pasti beda selera, yg cocok di A belum tentu cocok di B, begitu juga sebaliknya.

Leave a Reply

