Our (Very Late) Honeymoon Day 2

1 May

Hari kedua bangun kesiangan hahaha….padahal udah booking mobil + driver jam 9 pagi. Baru bangun jam 8.30 trus langsung ngibrit mandi + sarapan. Kami nyewa mobil + driver karena ngga tahu jalan, bisa aja sih make GPS tapi drpd ntar jadi berantem gara2 nyari jalan, bisa rusak acara honeymoonnya. Bryan juga ogah capek, yaiyalaaaaaah klo lagi honeymoon ga boleh capek2 dong πŸ˜› Selain itu driver kan bisa dimintain tolong juga buat motoin kami karena Bryan lupa bawa tripod, zzzzz……

Fresh fruit & juice for breakfast

Jam 9.30 berangkat dari hotel ke Pantai Kuta. Hari ini judulnya dari ujung ke ujung karena Pantai Kuta ini jauuuuuh dari Senggigi, sekitar 1 jam lebih. Sebenarnya dari BIL lebih dekat ke arah Kuta, next time kalo ke Lombok lagi, mending dari BIL langsung ke Kuta aja.

Pas berangkat ada insiden ga enak banget, tiba2 setengah jam setelah jalan gw rasa mual & eneg banget! Rasanya pengen jackpot, trus keringat dingin. Rasaan baru semalem deh honeymoon masak udah hamdun wkwkwk…. Gw langsung menduga klo ini akibat ulah si pepaya pas sarapan. Gw emang ciong banget dah ama pepaya, pasti eneg tiap kali makan pepaya, kecuali klo dikucurin air jeruk + gula pasir.

Alhasil minta pak supir berhenti di BCA terdekat karena satu-satunya bank yg gw tau toiletnya pasti bersih itu BCA. Standard deh di seluruh Indonesia, kaloΒ  kebelet di tengah jalan, buruan cari BCA buat numpang toiletnya. Dan bener aja begitu masuk toilet gw langsung jackpot, damn you pepaya!!!

Setelah jackpot, badan langsung berasa enak, tapi kan jadi laper bok. Untungnya kemarin Bryan sempet belanja di minimarket, jadi ada stok biskuit. Ngemilin biskuit lah di sepanjang jalan πŸ˜†

Kerajinan Gerabah

Ceret Maling, ngisinya dari bawah & ga bakalan tumpah

Awas loe kalo sampe beli itu ayam2an

First stop hari ini adalah ngeliat kerajinan gerabah, gw lupa nama tempatnya apa πŸ˜€ Mirip Kasongan gitu, jadi satu area isinya tempat pengrajin gerabah. Sayangnya kita sampe pas jam sholat Jumat, jadi pengrajin laki2nya ga ada di tempat. Ada 3 orang pengrajin perempuan yg lagi bikin vas bunga & gantungan dinding. Di tempat ini bisa beli juga gerabah2 lucu kayak teko, vas bunga, tatakan gelas, macem2 deh pokoknya.

Pengen ngeborong macem2 buat ngisi rumah tapi bawanya gimana cuy….namapun gerabah pastinya berat. Akhirnya beli satu tea set, tempat lilin sama mangkok kecil buat wadah sambal. Oiya, di sini harga bisa ditawar dan klo belanja banyak mereka bisa kirim pake ekspedisi.

Dari situ baru deh menuju ke Pantai Kuta. Emang beneran jauuuuuh ye dari Senggigi, wong kami ngelewatin BIL lagi. Mayan deh sepanjang perjalanan tidur2 ayam, mana gerimis pula. Untungnya pas masuk ke kawasan Pantai Kuta, cuaca cerah ceria & matahari terik seterik2nya.

Pantai Kuta di sini kebalikannya Pantai Kuta Bali. Sepiiiiiii dan bersih, ngga terlalu banyak hotel, cafe2 atau resto. Di sepanjang jalan banyak guest house di rumah penduduk gitu. Suasananya pun tenang, ngga ada berisik musik jedang jedung macem di Kuta Square. Karena kami sampai pas jam makan siang, ya udah sekalian aja makan di cafe persis di pinggir pantai. Suasananya asik banget karena sambil makan viewnya udah pantai yg biru & bersih.

Yang unik di pantai Kuta ini butiran pasirnya kayak merica. Disediain juga kursi2 malas buat yg mau berjemur sebelum/sesudah makan. Kami milih duduk di gazebo aja supaya bisa duduk lesehan sambil terkantuk2 kena angin semilir πŸ™‚

Cafe Full Moon, Kuta

Ceileeeeeeh……

Kuta Beach, Lombok

Yang nyebelin di sini adalah anak2 kecil yg jualan kalung, gelang dll & mbak2 penjual kain tenun. Mereka datang ke meja/gazebo trus nawar2in dagangannya setengah maksa gitu. Karena sebelumnya kami udah dapat informasi kalo ketemu penjual yg kayak gitu, sebaiknya dicuekin aja. Jangankan nawar, megang dagangannya pun ngga. Sekali megang dagangan, artinya kita tertarik sama dagangan mereka dan mereka akan terus ngejar kita supaya beli dagangannya. Udah bilang ngga pun, mereka tetap aja maksa2.

Anak kecil: mbak, beli gelangnya….5rb aja, murah kok
Gw: ngga, makasih
Anak kecil: mbak…5rb aja… (masih maksa)
Gw:……. (diem, nyuekin anak itu)
Anak kecil: kalau ngga mau beli, minta seribu dua ribu aja…..
– Gw & Bryan langsung tatap2an

Duh, kok ini anak malah jadi ngemis duit. Bukannya pelit atau gimana, cuma ya ngenes liat anak sekecil itu udah kenal duit. Biasanya anak kalo udah kenal duit, ujung2nya jadi males sekolah.

Yang kasian pasangan bule Aussie dikibulin sama bocah2 ini. Jadi modusnya mereka ngajak ngomong si bule ini, nah ngobrol ngalor ngidul deh tuh. Ga lama mereka nawarin gelangnya seharga 20rb! Begitu si bule beli satu, eh yg lain minta dibeli juga, katanya gini: aaaah not fair, buy this too mam…... Alhasil tu bule kudu bayar 80rb ke 4 anak untuk gelang yg harga sebenernya 5rb πŸ˜†

Cafenya sih lumayan enak & lokasinya asik banget. Namanya Full Moon klo ga salah. Ih kok gw banyak lupanya sih! Highlight dari trip hari kedua ini adalah bapak-bapak yg berenang di pantai pake kolor HINGS! Astajiiiiim, bapaaaaak, itu kolor kan tembus pandang kalo basah wkwkwkwkw….. Mana mereka sekeluarga makan di gazebo sebelah. Jadi tu bapak berkolor HINGS mondar mandir gazebo-pantai-gazebo bawa anaknya πŸ˜†

Kelar makan kami jalan2 ke pinggir pantai mau photo2, eh 2-3 anak yg jualan pada ngintilin & masiiiiiih aja maksa2 gitu. Yang nyebelin pas mau photo berdua eh ada 1 bocah yg ikutan jadi background *tepokjidat* Maaf ya nak nasibmu akan berakhir di photoshop hihihihi….. Kelar photo2, kami lanjut ke Pantai Tanjung A’an yg letaknya ga begitu jauh dari Pantai Kuta.

Pantai Tanjung A’an, Lombok

Anak pantai jajan kelapa muda

Dari Pantai Kuta ke Tanjung A’an jaraknya kira2 10 menit. Pantai Tanjung A’an ini butiran pasirnya halus kayak tepung. Pinggir pantainya agak kotor tapi airnya biru. Sayangnya di sini belum ada hotel/resort karena status tanah yang bermasalah. Kata pak supir, banyak yg ngaku punya tanah di sini alias sertifikat ganda bahkan triple, jadi ya gimana orang mau beli lahan klo ga jelas pemiliknya siapa. Di Tanjung A’an juga ada penjual yg nawar2in kaos dll, tapi mereka pergi begitu kami bilang ngga.

Wecome to Desa Sade

Rumah Tradisional Suku Sasak

Bertenun

Kain-kain Tenun

Puas main di pantai, kami menuju ke Desa Adat Sade. Di Lombok ada 2 desa adat dimana kita bisa lihat kehidupan suku Sasak, Desa Sade & Segenter. Begitu sampai kami disambut sama guide lokal (penduduk setempat) dan isi buku tamu beserta kotak donasi.

Oleh guide lokal kita dibawa keliling dan dikasi penjelasan mengenai kehidupan mereka. Di bagian depan ada rumah kepala suku & balai pertemuan. Perempuan di desa ini diwajibkan untuk bisa bertenun, karena kalau itu adalah salah satu syarat untuk bisa menikah. Kalau ngga bisa bertenun,Β  ngga boleh menikah. Alat tenunnya pun ATBM dan pewarna yg digunakan adalah pewarna alami, bukan bahan kimia. Di sini semua perempuan yg melahirkan dibantu oleh dukun beranak, ngga ada yg melahirkan di rumah sakit atau klinik bersalin.

Gw sempet parno karena ada ayam berkeliaran!!!! Gw kan phobia sama unggas, yg ada selama keliling desa gw deg2an takut tiba2 ketemu sama ayam πŸ˜₯Β  Kelar keliling desa, kami balik ke hotel karena udah sore dan overtime jam sewa mobilnya. Sempet mampir untuk bungkus nasi Balap Puyung, sejenis nasi rames gitu.

Nasi Balap Puyung

Sampe hotel, leyeh2 & berenang plus menikmati happy hour di malam terakhir di Qunci, hiiiiiks…. Hari ini ditutup dengan makan nasi Balap Buyung πŸ˜€ (ampun dah, nginep sih di villa tapi makan tetep nasi rames) abis itu massage (lagi) di Qamboja Spa, astagaaa deh bojoku ini bener2 massage addict πŸ˜† Tapi emang beneran enak sih, klo nginep di Qunci harus nyobain Qamboja Spa ini, very recommended!

2 Responses to “Our (Very Late) Honeymoon Day 2”

1. ruthwijaya May 1, 2012 at 4:08 pm #

foto2nya cakep deh cong…. *yaiyalaaah*

tapi gw jadi cekikikan pas liat foto gandengan tangan trus judulnya: ceileeeeh… hahahaha

• bryanirene May 2, 2012 at 1:01 pm #

jitak bryan klo foto2nya ga cakep :))