Mandi Air Sop di Pontianak

6 Jul

image dari sini

Udah jadi rahasia umum kalo masalah utama di Pontianak ini adalah listrik & air. Bukan hal yg aneh deh klo seminggu sekali listik mati, tiap hari tegangan naik turun. Air PDAM juga gitu, keruhnya ampun2an sampe akhirnya kami nyerah pasang water treatment + pompa. Kalau ngga pake pompa, volume air yg keluar keciiiiiiil.

Seminggu terakhir ini kekeselan terhadap PDAM ada di ubun-ubun karena airnya payau alias asin! Bayangin aja klo lagi cuci muka, trus airnya masuk ke bibir, blaaaah asiiiiiin macem lagi di pantai. Udah gitu, mandi pake air asin bikin badan jadi licin, nyuci piring & ngepel pun juga gitu, lantai licin ga berasa abis dikasi karbol. Karena ngga tahan, 2 hari terakhir ini gw mandi pake air bubuk PK & sabun asepso. Masalahnya, ga payau aja kulit gw suka gatel2 abis mandi, apalagi kalo pake air payau euy! Rada mendingan sih mandi pake kombinasi si PK & asepso.

Dan gw belum ngepel rumah lagi, abis ntar licin lagi. Kayaknya sih kudu nampung air hujan deh buat ngepel rumah. Dih, parah banget ya padahal ini di kota lho, even jarak dari rumah gw ke kantor DPRD & gubernur itu ga sampe 2km. Malahan Lady Yakult yg biasa keliling kompleks lebih parah lagi, rumah dia juga ga jauh dari rumah gw tapi airnya udah mati dari malam minggu kemarin. Kebayang ga sih mau mandi, cebok dll gimana??? 😥 😥 😥 😥

Dari setiap peristiwa yg nyebelin pastinya ada sisi positif yg bisa diambil dari tragedi air payau, yaitu warung2 ga bikin es batu dari air mentah lagi HAHAHAHA! Namapun warung ya bok, buat ngirit biasanya mereka bikin/beli es batu yg dibuat dari air mentah alias air keran. Nah karena sekarang air payau, ga mungkin dong mereka nyediain es batu yg asin. Terpaksa deh tu pada bikin es batu dari air galon 😆

Duh, entah kapan deh nih air bakalan asin terus. Kemarin walikota  bilang bisa  aja air ga payau tapi konsekuensinya tarif jadi 60rb/m3, sementara sekarang tarif 3rb/m3 aja orang2 sering komplen. Kalo kata direktur PDAM, Senin kemarin kadar air lautnya naik dari 1.000 ke 2.800 PPm, padahal ambang batas minimal 800 PPm. Kebayang kan asinnya kayak apa??

Buat yang tiap hari bisa menikmati air bersih, bahkan bisa diminum langsung dari kerannya, ya nikmatilah sepuas mungkin karena yg di sini rindu air bersih (banget!).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: